• Facebook
  • Instagram
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

Selasa, 27 Agustus 2013

Tahura Djuanda, Destinasi One Day Trip Bandung

Kemana tempat jalan-jalan yang deket pusat kota Bandung, gak perlu waktu lama buat didatangi, banyak ijo-ijonya (hutan, bukan cendol), bisa liat air terjun, bisa liat binatang juga?



Well, jawabannya adalah Taman Hutan Raya (Tahura) Ir. H. Djuanda, lokasi di Maribaya, Dago Atas. Untuk mereka yang mengejar #WeekendTrip dan #OneDayTrip, lokasi ini adalah destinasi jalan-jalan yang dekat, murah, dan singkat. Bisa dicapai dengan mobil, angkot, motor, atau bahkan jalan kaki kalau kita mau.


Berdasarkan informasi dari situs resmi Tahura Djuanda:

Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda merupakan kawasan konservasi yang terpadu antara alam sekunder dengan hutan tanaman dengan jenis Pinus (Pinus merkusil) yang terletak di Sub-DAS Cikapundung, DAS Citarum yang membentang mulai dari Curug Dago, Dago Pakar sampai Maribaya yang merupakan bagian dari kelompok hutan Gunung Pulosari, menjadikan Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda sangat baik sebagai lokasi pariwisata alam dan juga sebagai sarana tempat untuk pengembangan pendidikan lingkungan.
 
Saat ini, yang bepergian ke Tahura Djuanda bukan hanya mereka yang pergi untuk traveling, tapi juga mereka yang pergi untuk berolahraga pagi. Kalau hari Minggu pagi ke tempat ini, bakalan banyak kalian temui mereka dengan setelan olahraga lengkap dengan sepatu larinya, atau bahkan yang bikin hati kalian membara, padahal mereka hanya memakai sendal jepit tapi jalan sambil tertawa riang dan bergandengan tangan (baca: pacaran).




Obyek wisata yang bisa dijamah oleh kita pun ada banyak sekali : 
  • Monumen Ir. H. Djuanda
  • Gua Jepang dan Gua Belanda
  • Kolam Pakar
  • Air terjun Curug Omas
  • Air terjun Curug Lalay
  • Air terjun Curug Dago
  • Museum Ir. H. Djuanda
  • Artefak kebudayaan purba yang pernah ditemukan di kawasan Dago Pakar
  • Prasasti Raja Thailand
  • Taman bermain
Berikut beberapa teaser foto yang bisa kalian pertimbangan untuk melakukan jalan-jalan sendiri ke sana:


Pos di jalur pertama, banyak spot unik untuk ambil poto

Setelah 40 menit perjalanan menuju puncak bukit, Curug Omas bisa dinikmati


Ada banyak monyet bisa kita lihat di taman dekat Curug Omas

Lapangan besar di Tahura, banyak yang piknik di sini

Abis liat monyet, liat yang lagi berduaan saya cuma bisa bilang "sekippp"


Turun dari Curug Omas, sempatkan berkunjung ke Goa  Belanda dan Goa Jepang

Total waktu yang dihabiskan efektif berkeliling bisa 3-4 jam. Total biaya yang dikeluarkan hanya untuk kendaraan yang dibawa dan jumlah orang, gak lebih dari Rp 20.000 (kemarin saya pake motor). 

Saran terakhir, kalau mau main ke Goa Jepang atau Belanda, bawalah senter atau kalau punya gadget yang nembak sinyalnya kuat dan terang, itu cukup. Di titik tersebut ada banyak yang nawarin senter atau lampu untuk perjalanan, tapi menurut saya gak worthed untuk biaya sewa lampu tersebut, mending dipake buat beli bakpau daging ajahh.


3 komentar:

  1. waw.. Masya Allah..
    kayanya Aisyah pernah ke tempat yang mirip kaya gitu deh.. tapi lupa dimana.. ^^

    BalasHapus
  2. kalau ke bandung biasanya hunting kulinernya, cuma sesekali ke tempat yang ijo kayak ini boleh juga deh :D

    BalasHapus
  3. Ini sama dengan air terjun maribaya gak ya alvie? kalau air terjun maribaya dulu sudah pernah ke sana. tapi dulu kok gak nemu gua jepangnya :D

    BalasHapus

REPORTS

Know more about my adventures


TRAVELING

  • INDONESIA

    Sumatera

    Nangroe Aceh Darussalam | Bangka Belitung | Bengkulu | Jambi | Lampung | North Sumatera | Riau | Riau Island | South Sumatera | West Sumatera

    Java

    Banten | Central Java | DI Yogyakarta | DKI Jakarta | East Java | West Java

    Kalimantan

    Central Kalimantan | East Kalimantan | South Kalimantan | West Kalimantan

    Sulawesi

    Central Sulawesi | North Sulawesi | South Sulawesi | South East Sulawesi | West Sulawesi | Gorontalo

    Bali NTB NTT Maluku

    Bali | NTB | NTT | Maluku | North Maluku

    Papua

    Papua | East Papua

  • INTERNATIONAL

    Asian

    Japan

  • SCRIBBLE

    My Thoughs

    Inspiration | Recommendation | Tips

FOODISM

  • INDONESIA

    Sumatera

    Nangroe Aceh Darussalam | Bangka Belitung | Bengkulu | Jambi | Lampung | North Sumatera | Riau | Riau Island | South Sumatera | West Sumatera

    Java

    Banten | Central Java | DI Yogyakarta | DKI Jakarta | East Java | West Java

    Kalimantan

    Central Kalimantan | East Kalimantan | South Kalimantan | West Kalimantan

    Sulawesi

    Central Sulawesi | North Sulawesi | South Sulawesi | South East Sulawesi | West Sulawesi | Gorontalo

    Bali NTB NTT Maluku

    Bali | NTB | NTT | Maluku | North Maluku

    Papua

    Papua | East Papua

  • INTERNATIONAL

    ASIAN

    Japan

  • FOOD CATEGORY

    Categorized by

    Breakfast | Lunch | Dinner | Desserts | Junkfood | Asian | Western