• Facebook
  • Instagram
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

Jumat, 01 November 2013

All About Medan City Tour


Bulan Juni 2013 kemarin, gue terbang ke Medan. Tentunya dengan tujuan untuk jalan-jalan, bukan melakukan pekerjaan dinas. Dan di Medan, gue punya waktu dua hari untuk mengeksplor apa aja destinasi wisata yang ada di kota Medan. Yeah, Medan City Tour. Punya apa aja sih kota Medan ini untuk disambangi? Yang pasti, gak gue lakuin adalah wisata kuliner non halal, hoho.

Photo by Nawawi


WISATA RELIGI

Mesjid Agung Sumatera Utara

Di hari kedatangan gue, gue berniat berkunjung ke Mesjid Raya. Tapi apalah daya, karena salah menyebutkan nama tempat (gue bilang Mesjid Agung), gue diantarkan oleh betor yang gue tumpangi ke Mesjid Agung Sumatera Utara. Jadilah kami sholat Jumat di sana.

Mesjid Agung Sumatera Utara memiliki ruangan yang luas untuk sholat. Apalagi dibandingkan dengan Mesjid Raya. Jauh lebih besar Mesjid ini. Di samping Mesjid ini terdapat sebuah menara. Namun menara saya rasa bukan tempat yang memungkinkan untuk dimasuki oleh pendatang yang tidak memiliki kepentingan.

Lokasi :  Jl. Diponegoro 16, Samping Gedung kantor Gubernur Sumatera Utara. Dekat dengan Sun Plaza.
Photo by Nawawi


Mesjid Raya Al-Mashun, Medan

Satu hal yang perlu gue kasih tahu sama lo semua, kalau lo mau coba tanya sama orang berapa jauh jarak Mesjid Raya dan Mesjid Agung, kalau mereka bilang dekat, jangan sumringah dan membayangkan sedekat jarak sepuluh nomer dalam kompleks. Big NO. Saya menyarankan untuk menggunakan betor buat kalian yang lemah tenaga dan gak kuat panas.

Mesjid Raya Medan memiliki bangunan dengan gaya arsitektur yang unik, khas Timur Tengah. Interior ruang sholat yang menarik dan pintu-pintu menara yang juga cukup asing dilihat. Bangunannya tidak terlalu besar sehingga tidak perlu waktu yang lama untuk mengelilingi mesjid yang satu ini.

Lokasi :  Jalan Sisingamangaraja (Jalan Masjid Raya), Medan


 

Graha Maria Annai Velangkanni

Untuk mereka yang beragama Katolik, mungkin bisa mengunjungi tempat ini, Graha Maria Annai Velangkanni. Tempat peribadatan umat Katolik ini dibangun dengan arsitektur bentuk kuil dan candi. Bangunan ini terdiri dari dua tingkat. Lantai dasar dijadikan aula, lantai pertama tempat beribadah dan balkon yang empat belas jendelanya menceritakan jalan salib. Disebutkan juga tempat ini merupakan tempat ziarah rohani penyembuh bagi orang sakit. Waktu tempuh yang diperlukan untuk sampai tempat ini bisa sampai 2-3 jam dari kota Medan apabila kita menempuh dengan menggunakan angkot.

Lokasi :  Taman Sakura Indah, Jalan Sakura III No.7-10, Tanjung Selamat, Medan

Photo by Nawawi


WISATA SEJARAH

Istana Maimun

Istana ini merupakan salah satu landmark kota Medan. Tiket masuknya Rp 5.000,00, terhitung murah dan tempatnya pun dekat dengan Mesjid Raya Medan, jadi kita cukup berjalan kaki ke tempat ini. Bangunan tempat peninggalan kerajaan Deli ini memiliki warna interior yang cuku ngejreng, kuning. Hampir seluruh isi ruangannya berwarna kuning.

Nuansa Eropa bisa kita lihat dari ornamen barang-barang yang ada di sini. Namun bagian atapnya pun menyerupai bangunan khas Timur Tengah. Pintu bergaya Spanyol menjadi bagian dari arsitektur istana ini. Jadi Bisa dikatakan istana ini memiliki arsitektur yang unik dengan perpaduan beberapa unsur kebudayaan Melayu bergaya Islam, Spanyol, India dan Itali.

Lokasi :  Jalan Brigjen Katamso, Medan

Photo by Melva


Menara Air Tirtamadi

Menara Air Tirtamadi merupakan salah satu ikon landmark Medan. Bangunan ini sudah ada dari jaman penjajahan Balanda. Perjalanannya bisa ditempuh dengan menggunakan angkot dari Mesjid Raya Medan. Dalam perjalanan kita sudah bisa melihat bangunan setinggi 42 meter. Menara air Tirtamadi sampai sekarang masih digunakan sebagai pemasok air bersih masyarakat sekitar. Jadi jangan heran kalau berkunjung ke tempat ini kita harus melalui prosedur izin yang cukup panjang. Curhat: 
  1. Dari izin mau berkunjung satpam penjaga di dekat pagar menyuruh gue lapor ke satpam yang ada di pos jaga.
  2. Satpam pos jaga menyuruh kami untuk meminta izin ke satpam yang berjaga di dalam gedung.
  3. Satpam penjaga gedung meminta kami untuk melapor kepada bagian Humas.
  4. Orang bagian Humas ceramah singkat kepada kami mengenai alasan perizinan dan akhirnya memberikan aproval. 
Lokasi :  Jl. Sisingamangaraja 1, Medan. Lokasinya di persimpangan Jalan Sisingamangaraja, Jalan Pandu, Jalan Cirebon, dan Jalan Hj. Ani Idrus

Photo by Nawawi


Rumah Tjong A Fie

Pertama-tama, ini bukan Rumah gue, Alvie. Ini rumah Tjong A Fie. Beliau adalah pengusaha China yang kaya yang turut membantu pembangunan kota Medan. Lo bisa lihat bangunan megah nan tua ini secara jelas lebih menonjol dari bangunan lainnya. Untuk masuk kedalamnya, dikenakan biaya Rp35.000, memang terhitung mahal untuk masuk ke dalam sebuah rumah tua. Tapi yaa, buat yang penasaran dengan salah satu sejarah Kota Medan dan menyukai barang barang vintage, lo bisa coba datang berkunjung.

Lokasi :  Jalan Ahmad Yani 97-99, Medan. Kawasan Kesawan

Photo by Nawawi

 

Stasiun Kereta Api Medan

Stasiun ini sampai sekarang masih digunakan (yaiyalahh). Hahaa. Persis di sebelahnya terdapat replika lokomotif uap. Hitam, gagah. Tentunya ini menjadi satu obyek poto yang cukup banyak peminatnya. Di samping itu, dari stasiun ini kita juga bisa pergi ke bandara Kuala Namu dari stasiun ini. 

Lokasi Jl. Stasiun Kereta Api, Medan. Di antara Kelurahan Kesawan dan Gang Buntu. 

http://raunraunmedan.blogspot.com

Jembatan Titi Gantung

Jembatan Titi Gantung adalah jembatan yang berada di atas rel kereta api yang dulunya dibangun untuk memfasilitasi para pejalan kaki yang ingin menyebrang untuk melakukan berbagai aktivitas, seperti menaiki kereta api dan menonton berbagai macam acara yang kerap diadakan di Lapangan Merdeka. Cobalah juga untuk berkunjung ke tempat ini di malam hari, biasanya ada untaian lampu-lampu berwarna hijau yang menerangi jembatan ini.


Lokasi: Dekat Stasiun Kereta Api dan Lapangan Merdeka

http://tripholiday.net

 

Merdeka Walk

Dibandingkan dengan Istana Maimun, mungkin tempat ini kalah bersejarahnya. Tapi bisa dikatakan, tempat inipun sudah menjadi salah satu landmark di Medan. Tulisan MERDEKA WALK yang dihiasi oleh sinar lampu menjadi sebuah ikon yang catchy. Merdeka Walk merupakan salah satu pilihan tempat hangout yang ramai dikunjungi di malam hari. Dia merupakan teras depan dari Lapangan Merdeka. Di sana terdapat pula rute jogging dan taman fitness. Dan di sekeliling tempat ini kita bisa melihat bangunan-bangunan tua bersejarah.

Lokasi: Jl. Balai Kota, Medan


 

Sun Plaza Mall

Sun Plaza adalah mall yang paling ... apa ya? Paling beken dan bergengsinya mungkin. Bisa dibilang tempat ini PVJ-nya, Grand Indonesia-nya Medan. Cewek-cewek yang main ke sini pasti berdandan maksimal. Ihiyyy :3 Di dekat Sun Plaza, bisa kita lihat kuil Hindu dengan ornamen patung berwarna keemasan yang cukup catchy dilihat mata.

Lokasi : Jalan. Kiai Haji Zainul Arifin Nomor. 7, Medan. Dekat dengan Kantor Gubernur Sumatera Utara, Mesjid Agung Medan



 

WISATA KULINER

Duren Ucok

Gak afdol rasanya kalau ke Medan gak makan duren. Dan salah satu tempat yang terkenal di sini adalah Duren Ucok. Ketika kami mendatangi gerainya di pinggir jalan dan mengatakan maksud keinginan kami untuk makan di sana, kami dirujuk ke tempat lain yang bisa dipake makan di tempat. Menujulah kami ke tempat yang di maksud. Dan ketika gue sampai dan melihat tempat yang dituju, reaksi gue cuma satu: TERKESIMA. Ya, di Medan, orang yang jualan duren sampe punya “rumah makan” sendiri buat makan duren doang. Luar biasa sekali!  

Lokasi :  Jl. K.H. Wahid Hasyim No. 30/32 Medan. Gerainya di Jl. Iskandar Muda dekat Pajak Peringgan Medan.




Es Krim Tip Top

Tip Top adalah salah satu rumah makan yang merupakan tempat yang bersejarah. Ya, tempat ini terhitung sudah cukup lama berdiri. Bayangin aja, dari tahun 1934. Sampai sekarang pun nuansa jadul dan tradisional masih dia tonjolkan. Banyak menu makanan yang bisa kita lihat di menunya, tapi yang menjadi primadona para pendatang untuk dicicipi adalah es krim susunya.

Lokasi : Jl. Jend. Ahmad Yani No. 92, Medan


Photo by Nawawi

Soto Purwodadi

Purwodadi adalah salah satu tempat makan yang terkenal di Medan. Bisa dikatakan Soto Purwodadi merupakan tempat makan yang juga sudah cukup lama berdiri di kota Medan. Soto Daging Medannya merupakan makanan favorit dan terkenal pula sampai di dunia maya.

Lokasi : Jl. Yos Sudarso No. 138M Pulo Brayan, Medan





Jus Martabe dan Terong Belanda

Salah dua menu minuman pilihan yang juga khas dari Medan adalah Jus Markisa dan Jus Terong Belanda. Namun campuran dari kedua menu tersebut pun dijual pula, Jus Martabe, atau bisa diartikan Jus Markisa Terong Belanda. Sensasi rasa nano-nano dari campuran kedua jenis minuman tersebut akan memberikan pengalaman baru dalam indra pengecap lo.

Lokasi : Banyak yang jual di Medan



 

Pusat Makanan di Kampung Keling

Kampung Keling adalah sebutan untuk kawasan seluas sekitar 10 ha di Kota Medan, Indonesia yang pernah mempunyai komunitas India yang besar. Kawasan tersebut awalnya dipanggil "Patisah", namun kemudian terjadi perubahan nama menjadi "Kampung Madras" guna mencerminkan tanah asal para warga keturunan India yang berdiam di sana. Nama "Kampung Madras" ternyata tidak populer dan sebaliknya istilah "Kampung Keling" digunakan.Kampung Keling kini bahkan lebih banyak dihuni oleh warga keturunan Tionghoa daripada India.

Lokasi : Kawasan ini terletak di sekitar kecamatan Medan Polonia dan Medan Petisah


 

Lekker

Lekker Urban Food House adalah resto makanan mancanegara yang memilki interior ruangan yang unik. Karena penasaran dari informasi yang saya peroleh dari internet, maka gue pun meluncur ke tempat ini. Banyak barang-barang yang unik, menarik, dan gak biasa. Makanan yang gue coba di sini pun macam-macam; Nasi Keraton Jogja, Banana Crispy, Pizza Tipis. Dengan menu makanan yang beragam, rasa yang enak, jangan meringis tapi kalau sudah sampai di bagian kasir karena harga dari makanan di sini tergolong mahal, hiks T__T

Lokasi : Kompleks Multatuli Indah, Blok BB 10-11 Jalan Martanuli, Medan



OLEH-OLEH MEDAN

Pancake Duren

Pancake Duren juga salah satu menu makanan yang banyak dijual di Medan. Harganya juga beda tipis, satu pancake duren itu sama dengan satu buah duren.Beda tipis kan? Haha *ngenes. Pancake Duren yang harganya cukup mahal, berwarna hijau elegan, (sekitar Rp 20-30ribuan) bisa dicari di Restoran Nelayan. Kalau yang harganya lebih murah, mungkin bisa dicari di toko oleh-oleh seperti Durian House, atau Zulaikha.

Lokasi : 
Restoran Nelayan Jl. Merak Jingga No. 8 C, Medan atau  
Restoran Nelayan cabang Sun Plaza:  Lt. 3 C No. 38-41
Durian House: Jl. Gajah Mada 26-28, Medan


Pusat Oleh-Oleh Zulaikha

Okeh, dua kali gue ke Medan. Dua kali juga gue ke sini, Pusat oleh-oleh Zulaikha. Banyak pilihan oleh-oleh yang bisa kita pilih. Tapi jenis makanan yang biasanya gue pilih adalah Bika Ambon. Di sini ada label halalnya, mengingat salah satu komponen penyajian bika ambon ada pula yang menggunakan bahan non halal, tuak hasil fermentasi dari air nira. 

Kalau ada temen yang pesen oleh-oleh pancake duren juga gue beli dari sini. Tentu karena harganya yang jauh lebih murah daripada gue beli di Nelayan, haha. Selain itu juga ada jenis sirup yang khas Medan, sirup Markisa dan Terong Belanda. Yang kalau menurut mbak-mbak yang jualnya, lo bisa gabung dua sirup itu untuk merasakan sensasi minuman Martabe.

Lokasi : Jl. Mojopahit 62 dan 96 DEF, Medan

Facebook

Bolu Meranti

Satu lagi pilihan oleh-oleh wajib. Kalau pun gak wajib, hati-hati juga kalau lo pada koar-koar lagi jalan ke Medan. Bakalan banyak temen lo yang pesan ini makanan. Ya, bolu Meranti seakan jadi idola. Apalagi yang rasa keju. Walaupun gue gak terlalu suka sama toping yang satu ini, tapi orang-orang banyak banget yang demen. Siapin aja kocek yang cukup. Karena sekotak bolu ini kena harga Rp 60-80ribu tergantung toping yang lo mau.

Lokasi Pusat: Jl. Kruing No. 2K, Medan
Lokasi Cabang : Jl. Sisingamangaraja 19B, Medan


Okeh, demikian sharing beberapa hal soal Kota Medan dari gue. Mungkin masih banyak yang belum saya eksplor dan ceritakan di sini, seperti misalkan museum, bangunan tua, atau tempat menginap yang murah di Medan. 

Mungkin juga yang jadi pe-er bagi gue untuk pergi mengunjungi Medan lagi, selain juga mengunjungi gunung-gunung yang ada di sana. Sapa mau ikut??

 

3 komentar:

  1. keren infonya,
    kapan yah bisa menjelajah di Medan dan sekitarnya.
    dulunya hanya transit saja.

    BalasHapus
  2. untuk wisata rohani, bisa ditambahkan : Vihara Gunung Timur, di dekat Taman Sudirman. juga Vihara Maha Maitreya, di komplek Cemara Asri.
    untuk kuliner, soto yang terkenal di Medan dan banyak di kunjungi para artis dan pejabat (SBY juga pernah kesana), itu Soto Medan Sinar Pagi di Jalan Sei Deli no 2. tapi ada juga Soto di jalan Sei Belutu yang top namun belum terkenal (aku lupa nama rumah makannya, cuma sudah 2 kali makan disana ^_^). Ada juga mie balap di wak Udin di jalan Wahidin (kalo ini bukannya dari pagi sampe sekitar jam 10 pagi. hari minggu biasa sampai jam 12 siang), mie balap disini udah masuk acara kuliner di salah satu stasiun TV. ada juga Rumah Burger di Jl.Medan Area Selatan Gg. Puri No. 8/909 Medan. Mmm... ada lumayan banyak sih pilihan kuliner di kota Medan.

    oya, ada juga penangkaran buaya di Asam Kumbang, Sunggal. gak begitu jauh dari gereja Velangkanni (tapi ukuran gak jauhnya itu kalo naik kendaraan hehheee...)

    BalasHapus
  3. Halo medan...
    Info bagus nih untuk kamu yang memiliki usaha di bidang perkulineran. Kini hadir untuk mengatasi berbagai solusi restoran, kafe, katering, dan lain-lain yakni take away box ramah lingkungan serta aman untuk makanan. Bisa dibranding dengan brand usaha anda juga lho... Namanya Greenpack. Informasi lebih lanjut, coba cek di sini http://www.greenpack.co.id/

    BalasHapus

REPORTS

Know more about my adventures


TRAVELING

  • INDONESIA

    Sumatera

    Nangroe Aceh Darussalam | Bangka Belitung | Bengkulu | Jambi | Lampung | North Sumatera | Riau | Riau Island | South Sumatera | West Sumatera

    Java

    Banten | Central Java | DI Yogyakarta | DKI Jakarta | East Java | West Java

    Kalimantan

    Central Kalimantan | East Kalimantan | South Kalimantan | West Kalimantan

    Sulawesi

    Central Sulawesi | North Sulawesi | South Sulawesi | South East Sulawesi | West Sulawesi | Gorontalo

    Bali NTB NTT Maluku

    Bali | NTB | NTT | Maluku | North Maluku

    Papua

    Papua | East Papua

  • INTERNATIONAL

    Asian

    Japan

  • SCRIBBLE

    My Thoughs

    Inspiration | Recommendation | Tips

FOODISM

  • INDONESIA

    Sumatera

    Nangroe Aceh Darussalam | Bangka Belitung | Bengkulu | Jambi | Lampung | North Sumatera | Riau | Riau Island | South Sumatera | West Sumatera

    Java

    Banten | Central Java | DI Yogyakarta | DKI Jakarta | East Java | West Java

    Kalimantan

    Central Kalimantan | East Kalimantan | South Kalimantan | West Kalimantan

    Sulawesi

    Central Sulawesi | North Sulawesi | South Sulawesi | South East Sulawesi | West Sulawesi | Gorontalo

    Bali NTB NTT Maluku

    Bali | NTB | NTT | Maluku | North Maluku

    Papua

    Papua | East Papua

  • INTERNATIONAL

    ASIAN

    Japan

  • FOOD CATEGORY

    Categorized by

    Breakfast | Lunch | Dinner | Desserts | Junkfood | Asian | Western